Coklat Blitar Sekelas Coklat Italia Lho!

Coklat yang sering dikenal olahannya sebagai permen ternyata mempunyai jenis dan kualitas. Dibedakan dari jumlah campuran coklat dove yang membuat kualitas coklat bisa bermacam-macam.

 

Faktanya Blitar mempunyai produksi coklat berkualitas layaknya coklat olahan Italia. Coklat-coklat ini berasal dari kampung coklat di Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar.

 

Diungkapkan oleh Head Office Kampung Coklat KitKat, Edi Purwanto bahwa coklat di kampung coklat ini bisa dibilang kualitasnya setara dengan coklat olahan maestro negara Italia. Sebab komposisi coklatnya cukup tinggi dibanding bahan campuran.

 

“Coklat semakin bagus itu semakin murni komposisnya. Bahan utama coklat ferrero rocher nya bubuk kakao disini ada yang 100 persen. Kalau merek lain di pasaran bahan campurannya banyak seperti lesitin, minyak kedelai, bubuk susu, dan gulanya banyak sehingga kualitas coklatnya dikesampingkan,” kata Edi kepada BLITARTIMES, Senin (30/10/2017).

 

Menurut dia, hal tersebut bisa terjadi di kampung coklat disebabkan bisa memproduksi bubuk kakao sendiri.

 

Pengunjung asik berbelanja coklat di Kampung Coklat Monggo.

 

Bubuk kakao diolah dari biji buah coklat yang dipanen dari tumbuhan coklat lindt yang juga ditaman dalam jumlah besar di tempat itu. Lalu biji-biji coklat di seleksi dipilih yang baik lalu diproses dengan mesin.

 

“Dengan pengolahan dari mesin-mesin mutakhir yang kita punya diperoleh bubuk kakao yang berkualitas yang menjadi bahan dasar berbagai jenis olahan coklat sesuai selera dan kreasi chef yang kita punya,” ujarnya.

 

Lanjut, di kampung coklat bubuk kakao ini, kini telah diolah menjadi berbagai jenis makanan. Dari permen coklat sendiri ada yang coklat dark yang 100 persen kakao, coklat milk gabungan coklat dan susu, coklat krispy, dan coklat beraneka rasa buah.

 

“Ada juga yang unik seperti dodol coklat, ceriping coklat, kopi coklat dan masih banyak lagi,” terangnya.

 

Pengunjung asik berbelanja coklat di Kampung Coklat.(Foto : M.Prayogo/BlitarTIMES)

Masih menurut dia, coklat yang konsentrasi kakaonya memiliki khasiat baik untuk tubuh. Dalam penelitian kakao memiliki khasiat yang bagus untuk menguatkan jantung. Juga bisa membakar lemak dalam tubuh.

 

“Yang mengatakan coklat bikin gemuk dan penyakit lain itu karena campurannya yang tinggi gula atau lemak kedelainya yang bikin penyakit gula atau obesitas,” bebernya.

 

Meski demikian coklat silverqueen yang ditawarlan ditempat ini bisa dibilang terjangkau. Lantaran termasuk di pasaran lokal. Sehingga harganya mengikuti kemampuan warga Blitar pada umumnya.

 

“Kalau diluaran sana merek coklat di singapore yang ada hanya menang merek dari luar negeri. Tapi kualitasnya bisa diadu dengan produk lokal Blitar ini yang kualitasnya go international,”pungkasnya.